Sabtu, 28 Juli 2012

Tips Wisata Ke Luar Negeri Sambil Dinas

Edisi atau tulisan khusus ini belum atau tidak ada gambar karena ingin menceritakan bagaimana tips untuk berwisata ke luar negeri apabila kita mendapat tugas kantor untuk mengikuti seminar, training, konferensi atau acara lainnya (galla dinner, rapat, kunjungan pabrik dan sebagainya.).Banyak di antara kita tidak tahu caranya dan akhirnya setelah acara selesai langsung pulang kembali, padahal kesempatan sudah berada di luar negeri apalagi negeri yang jauh seperti ke Eropa, Amerika, China . Pada perjalanan dinas maka biaya tiket sudah ditanggung kantor atau instansi yang mengutus kita dan kita tinggal menambah biaya yang tidak besar maka kita sudah bisa berwisata yang kalau kita sengaja ke tempat tersebut akan memakan biaya yang sangat mahal sekali.
Selain itu mengunjungi suatu negara atas biaya kantor kadangkala adalah kesempatan yang hanya satu kali dan harus segera dimanfaatkan karena belum tentu ada kesempatan berikutnya.
Satu hal yang penting adalah wisata ke luar negeri adalah untuk mendapatkan pengalaman (experience) dan bukan kita ingin menikmati fasilitas yang di tempat tersebut, apabila kita sudah sampai di tempat tersebut dan melihat pemandangan yang ada maka sudah cukup puas bagi kita dan demikian memang yang ditawarkan oleh paket-paket tour yang selalu bergerak cepat dari satu tempat ke tempat lainnya untuk mengejar sebanyak mungkin experience tersebut. Yang menjadi kebanggan bagi para wisatawan yang sering ikut paket tour adalah mereka merasa pernah ke tempat-tempat wisata yang di seluruh kawasan dunia, hanya itu saja, jadi bukan karena inging menikmati misalnya bermain ski es sampai bisa atau berjemur di pantai berlama-lama atau bersantai-santai di tempat yang romantis dan sebagainya.
Tips-tips berikut barangkali bisa menyadarkan dan membantu kita untuk menggunakan kesempatan wisata keluar negeri sambil menjalankan tugas kantor yang memang harus dilaksanakan :

1. Kenali kota dan negara dimana kita ditugaskan untuk mengikuti acara meeting dan sebagainya
Berselancar atau browsing di internet adalah kunci utama untuk mengenali kota dan negara yang akan kita tuju, dengan kata-kata kunci seperti nama kota, wisata di kota tersebut, hotel murah di kota tersebut, maka dengan mudah kita bisa langsung menemukan tempat-tempat wisata yang layak untuk kita kunjungi.
Selain itu di toko-toko buka banyak buku yang menceritakan mengenai misalnya wisata ke Malaysia, Thailand dan Singapore hanya dengan 3 juta, kemudian juga ada yang menceritakan tempat-tempat apa yang menarik untuk kunjungan wisata ke suatu negara.
Penulis pernah 100 persen mengikuti petunjuk yang ada di buku tersebut pada saat kunjungan ke Hongkong untuk yang pertama kali dan memang asyik juga.

2. Pelajari sarana transportasi menuju dan di dalam kota yang akan dikunjungi
Mass Rapid Train atau istilah sejenisnya adalah tumpuan yang ekonomis bagi kita untuk menjelajahi suatu kota yang akan kita kunjungi. Ada baiknya kita mencetak peta jalur kereta, monorail, trem dan bus sehingga kita sudah mempunyai bayangan sebelum tiba di kota tersebut. Kemudian pada saat sampai di bandara maka harus mengambil gambar peta yang disediakan di rak-rak promosi. Naik kereta adalah lebih mudah dibandingkan dengan naik bus, karena kadangkala bus memiliki jalur berputar-putar dan agak sulit mengenali    nama-nama halte, dan juga pembayaran bus di luar negeri biasanya dengan uang pas yang biasanya cocok dengan uang koin sehingga kita sulit mendapatkannya. Sebagai informasi di luar negeri semua bus kota tidak ada kondektur seperti di metromini atau kopaja di Indonesia, melainkan pembayaran melalui kotak yang disediakan di sebelah pengemudi. Waktu yang buru-buru baik pada saat naik atau turun juga menyulitkan kita yang belum familiar dengan halte yang akan dituju.
Untuk transportasi antar kota di luar negeri, maka kita bisa berselancar di internet dengan membandingkan antara harga kereta cepat atau penerbangan murah, hal ini terutama seperti wisata ke Eropa yang kita harus berpindah-pindah antar negara. Kadangkala penerbangan berbiaya murah seperti Ryan Air atau Norwegia Air adalah lebih efisien dibandingkan dengan kereta yang memakan waktu lebih lama. Sedangkan untuk negara seperti Hongkong, Macau, maka feri juga merupakan hal yang perlu dipertimbangkan karena sebagian besar untuk berpindah dari Hongkong ke Macau atau China Daratan maka lebih umum menggunakan feri atau kapal cepat. Di negara yang lebih maju, feri atau kapal cepat adalah sangat nyaman dan tepat waktu, sehingga menjadi angkutan utama antar pulau.

3. Kenali bahasa lokal kota atau negara yang akan kita kunjungi
Memang akan lebih baik kita bisa menguasai bahasa Inggris sehingga dimanapun kita bisa berharap bisa menemukan orang yang bisa berkomunikasi dengan bahasa internasional ini. Walaupun kita ikut tour kalau kita bisa bahasa Inggris walaupun tidak lancar maka akan memudahkan kita apabila tersesat atau tertinggal dari rombongan.
Hal yang penting lainnya adalah apabila kita berkunjung ke negara yang menggunakan bahasa lokal yang bukan bahasa Inggris seoerti bahasa China, India, Thailand, Spanyol, Jepang, Korea dan sebagainya, dimana akan lebih menarik dan fun apabila sedikit-sedikit kita bisa mengenali kata-kata penting misalnya : harga, berapa, kemana, murah, diskon, makan, minum dan kata-kata kunci lainnya. Sebagai contoh seperti di negeri China, banyak pelayan restoran yang tidak bisa bahasa Inggris sama sekali, sehingga kita mau pesan makanan juga bingung, mau tanya dimana toilet pun mereka tida bisa memahami. Apalagi menawar barang biasanya mereka hanya menggunakan kalkulator sebagai alat komunikasi. Dengan mengenali beberapa kata penting maka suasana tawar menawar akan lebih terasa fun dan kita sangat senang apabila ternyata bisa satu dua kata bisa berkomunikasi, tanpa hanya mengandalkan bahasa Tarzan saja. Di Google translate kita bisa menemukan penterjemahan dari bahasa kita ke bahasa-bahasa asing tersebut dan anda bisa mencatat misal di notes di ponsel pintar.
Penulis pernah punya pengalaman berkomunikasi dengan orang China yang sama sekali tidak bisa bahasa Inggris hanya menggunakan fasilitas translator yang ada di ponsel pintar dan cukup lama untuk menghilangkan kejemuan selama penerbangan, ha ha ha ha .....

4. Siapkan mata uang lokal di negara yang akan kita tuju
Banyak yang beranggapan bahwa cukup dengan membawa uang Dollar Amerika maka kita bisa bertransaksi dimana-mana, namun menurut saya tips tersebut tidak tepat, namun yang benar adalah kita harus menukar mata uang ke dalam mata uang yang digunakan di tempat tujuan pada saat kita masih di tempat asal. Tukarkanlah di bank atau money changer di Indonesia, sebagai informasi kadang bank juga tidak memiliki mata uang lengkap sedangkan money changer walaupun kadang rate bisa lebih mahal namun koleksi jenis mata uang dan jenis pecahan lebih lengkap. Jadi misalnya kita mau ke Hongkong, Macau, terus ke China maka alangkah baiknya kita menyiapkan Dollar Hongkong, Yuan atau Renmimbi, dan Dollar Macau (tidak wajib karena bisa pakai Yuan atau Dollar Hongkong). Persiapkan jumlah uang lokal terutama untuk naik taksi, bus, kereta, bayar tips, jangan membawa kurang dari minimal yang sudah kita perhitungkan karena menukar di negara tujuan biasanya rate nya sangat mahal.

5. Bawa kartu kredit secukupnya
Kartu kredit adalah alat yang sangat membantu supaya mengurangi bekal uang cash dalam mata uang setempat, yang bisa kita gunakan untuk membayar hotel, makan, beli oleh-oleh dan  juga bisa untuk bayar feri selama kita berada di tempat tujuan. Jangan lupa cek berapa saldo atau limit yang masih bisa digunakan dan ada baiknya telepon ke penerbit kartu kredit bahwa kita akan ke negara tertentu dan barangkali akan menggunakan kartu untuk bertansaksi di sana. Hal ini untuk meyakinkan bahwa transaksi kartu kredit yang akan kita pakai tidak mengalami masalah dan mencegah penerbit kartu berusaha mengubungi kita untuk konfirmasi pada saat kita sedang atau setelah bertransaksi di luar negeri. Pertama karena biaya roaiming internasional itu mahal dan kedua kalau telepon genggam kita sedang tidak aktif maka bank penerbit juga akan telepon terus atau telepon ke rumah untuk konfirmasi yang tentunya menggangu kenyamanan kita.
Bawalah kartu kredit seperlunya dan simpanlah di tempat atau dompet yang terpisah untuk menghindari seandainya dompet atau tas hilang.

6. Booking penerbangan dan hotel dari sini sebelum berangkat
Dengan faslitas internet maka saat ini adalah sangat mudah sekali untuk membooking hotel misalnya melalui Agoda, Booking.Com atau langsung ke hotel yang akan kita pesan. Untuk melalui Booking.Com maka usahakan cari yang free cancellation , walaupun kita pasti akan ke tempat tersebut namun fasilitas free cancellation yang biasanya sampai dua hari sebelum kedatangan akan mengurangi beban mental kita. Teliti setiap tipe hotel yang akan kita cari , baik dari segi biaya, fasilitas dan yang paling penting adalah lokasinya dekat kemana, apakah kita mencari yang ekat bandara atau yang dekat pusat keramaian. Perhatikan peta untuk mencapai hotel tersebut, apakah ada stasiun kereta terdekat dan juga apakah ada shuttle bus yang bisa menjemput dan menghantar secara gratis ke bandara.
Penerbangan murah di setiap benua bisa anda cari cari via internet seperti Air Asia, Ryan Air, Jet Air, Norwegia Air dan sebagainya dan yang penting juga cek nama dan lokasi bandara karena kadang kota-kota besar di dunia memiliki lebih dari satu bandara.

7. Lakukan aplikasi visa pada jauh hari sebelumnya
Negara-negara Asean seperti Malaysia, Singapore, Thailand, Philipina dan Hongkong serta Macau tidak memerlukan Visa sehingga kapan saja kita bisa pergi dengan cukup membawa paspor, namun China, Taiwan, Korea, Jepang, Eropa apalagi Amerika adalah memerlukan Visa untuk bisa mengunjunginya.
Visa diterbitkan oleh perwakilan atau kedutaan besar yang ada di negara kita, dan prosesnya setiap negara berbeda-beda dan ada yang mudah dan ada pula yang sangat sulit seperti Amerika.
Untuk ke Eropa, ada beberapa negara yang sudah menyatu menjadi anggota negara yang menggunakan Visa Schengen sehingga dengan satu visa yang kita aplikasi ke negara tujuan pertama maka akan bisa digunakan di kawasan negara tersebut. Anggota negara yang mengikuti Schengen tidak sama dengan anggota Uni Eropa sehingga silakan cek di web site mengenai siapa-siapa negara tersebut.
Visa ke China tidak terlalu sulit, sedangkan Visa Schengen termasuk klasifikasi sulit karena anda diminta menyiapkan segala dokumen kependudukan dan juga kondisi keuangan anda selama tiga bulan terakhir, sehingga apabila anda mempunyai rencana ke Eropa maka dari sekarang jagalah saldo tabungan anda jangan sampai habis karena nanti copy tabungan harus diserahkan dan menjadi bahan pertimbangkan apakah anda layak atau tidak diberikan Visa kunjungan.
Kunjungi website kedutaan besar negara yang akan kita kunjungi untuk memperoleh pengetahuan bagaimana cara aplikasi Visa terutama apabila anda pergi tanpa melalui paket tur. Sedangkan apabila mengikuti paket tur biasanya Visa akan diurus oleh perusahaan tur tersebut terkecuali Amerika yang mana anda sendiri yang harus mengurusnya.

8. Bawalah kopor dan barang bawaan secukupnya
Biaya bagasi tambahan adalah sangat mahal untuk penerbangan luar negeri jadi hindarilah overweight yang menguras kantong anda. Anda tidak perlu membawa baju terlalu banyak karena misalnya mau gaya di tempat tujuan namun bawalah secukupnya dan hitung misal hari pertama pakai baju kaos, hari kedua pakai kemeja dan seterusnya sehingga kalau bisa 100 persen semua baju terpakai tanpa membebani kopor kita karena berlebihan. Untuk bepergian lama anda bisa juga menggunakan pakain dalam yang sekali pakai sehingga tidak merepotkan dan tidak megotori isi kopor.

9. Ikuti tour lokal di negara tujuan
Berwisata ke luar negeri sambil urusan dinas seperti meeting dan konferensi adalah kecil kemungkinan kita ikut tur yang bisa dipesan di perusahaan paket tur yang ada disini, karena semua paket tur yang ditawarkan adalah berangkat dari Indonesia dan langsung keliling ke tempat tujuan jadi kaalau anda ukut paket tur di sini makan anda tidak akan bisa mengikuti acar utama yang anda tuju yaitu meeting atau konferensi, hi hi hi.
Jalan keluarnya adalah anda bisa keliling kota atas itenerary anda sendiri atau cara lain adalah ikut paket tur setempat yang bisa anda pesan dari sini melalui internet. Salah satunya anda bisa kunjungi www.tour4fun.com yang memilki paket-paket tur lokal di beberapa negara. Jadi anda bisa memilih jadwal yang tepat baik setelah acara meeting kantor selesai atau mungkin sebelumnya. Pelajari dengan seksama baik kemana tujuan tur, biaya, berapa lama menginapnya dan sebagainya. Kalau anda sudah cocok maka tinggal pesan dan bayar via kartu kredit.

Okay dan selamat berwisata ke luar negeri sambil kerja atau sambil urusan dinas










0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More